Spanyol Berhasil Juarai Piala Eropa U21 2019, Usai Tundukkan Jerman 2-1

Spanyol Berhasil Juarai Piala Eropa U21 2019, Usai Tundukkan Jerman 2-1

10 views
0

JAKARTA – Spanyol berhasil memenangkan Piala Eropa U21 2019 setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 dalam partai final di Stadion Friuli, Udine, Italia, pada Senin dini hari WIB (01/7/19).

Gelandang bertahan Napoli Fabian Ruiz serta penyerang Dinamo Zagreb Dani Olmo memperoleh dua gol kemenangan Spanyol, yang cuma mampu dibalas oleh Jerman melalui gelandang serang TSG Hoffenheim Nadiem Amiri, Begitu catatan laman resmi UEFA.

Keberhasilan Spanyol memenangi Piala Eropa U21 2019, membuat mereka saat ini menyamai catatan Italia sebagai pengoleksi gelar juara terbanyak kompetisi tersebut dengan raihan lima kali.

Selain itu, kemenangan di tadion Friuli itu juga jadi pembalasan setimpal untuk  Spanyol yang dikalahkan oleh  Jerman dalam  partai final di Polandia dua tahun lalu.

Spanyol menang cepat melalui gol Ruiz pada saat laga baru berjalan tujuh menit dengan mengambil bola muntah hasil tembakan Mikel Oyarzabal yang dihalau barisan pertahanan Jerman.

Spanyol Berhasil Juarai Piala Eropa U21 2019, Usai Tundukkan Jerman 2-1 (PORTALAKTUAL.COM)

Spanyol Berhasil Juarai Piala Eropa U21 2019, Usai Tundukkan Jerman 2-1 (PORTALAKTUAL.COM)

Jerman berusaha membalas akan tetapi lima percobaan tembakan mereka tidak satupun menimbulkan hasil hingga babak pertama selesai.

Barisan Panser Muda juga sempat menggertak gawang Spanyol ketika baru memulai babak kedua, akan tetapi tembakan Amiri yang berhasil diselamatkan kiper Antonio Sivera.

Meskipun berusaha untuk membalas, Jerman justru mendapati gawang mereka kembali kebobolan saat menit ke-69 lagi-lagi melalui kegagalan menghantam bola muntah.

Tembakan Ruiz tersebut berhasil dihalau oleh kiper Alexander Nuebel akan tetapi bola muntah tersebut berhasil diambil oleh Olmo dengan sontekan dingin di muka gawang.

Bahkan, Spanyol nyaris memperbesar keunggulan lagi saat menit ke-81 lewat Carlos Soler akan tetapi bola sepakannya tersebut menunjang mistar gawang.

Jerman baru dapat mencetak gol balasan dua menit mendetaki waktu normal berakhir melalui tembakan Amiri dari luar kotak penalti untuk memperkecil ketertinggalan 1-2.

Akan tetapi, waktu Jerman untuk menyamakan kedudukan lebih sedikit dan peluit tanda laga selesai terlebih dulu berbunyi sebelum skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol berubah.

Sebelumnya diketahui, Jerman lebih dulu masuk ke final setelah sukses membalikkan ketertinggalan 1-2 menjadi kemenangan 4-2 atas Rumania dalam laga semifinal di Renato Dall’Ara, Bologna, pada hari Kamis (27/6) malam WIB kemarin, demikian dilansir laman resmi UEFA.

Sempat membuka keunggulan 1-0 melalui gol penyerang sayap TSG Hoffenheim Nadiem Amiri saat menit ke-21, Jerman turun minum dalam keadaan tertinggal karena dwigol George Alexandru Puscas untuk Rumania.

Pada edisi 2017 silam di Polandia, Jerman keluar sebagai jawara setelah menundukan Spanyol 1-0 di partai final.

Spanyol berpeluang untuk membalaskan kekalahan tersebut pada hari Senin (1/7/19). Sementara Jerman masih ditangani Stefan Kuntz yang membawa mereka juara dua tahun silam, Spanyol kini punya juru taktik yang berbeda, Luis de la Fuente.

Berikut Susunan Pemain:

Spanyol (4-2-3-1): Antonio Sivera; Martin, Unai Nunez, Jesus Vallejo, Junior Firpo; Fabian Ruiz (Mikel Merino), Marc Roca; Daniel Olmo, Dani Ceballos, Pablo Fornals (Borja Mayoral); Mikel Oyarzabal (Carlos Soler)
Pelatih: Luis de la Fuente

Jerman (4-3-3): Alexander Nuebel; Lukas Klostermann, Timo Baumgartl, Jonathan Tah,  Benjamin Henrichs; Suat Serdar (Florian Neuhaus), Maximilian Eggestein (Lukas Nmecha), Mahmoud Dahoud; Levin Oeztunali (Marco Richter), Nadiem Amiri,  Gian-Luca Waldschmidt.

About author

Your email address will not be published. Required fields are marked *