Kecurangan Pemilu, KPU Diminta Hentikan Sementara Pencoblosan Di Malaysia

Kecurangan Pemilu, KPU Diminta Hentikan Sementara Pencoblosan Di Malaysia

3 views
0

Jakarta – Tim Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memabenarkan isu terkait surat suara sudah tercoblos di Selangor, Malaysia bukan berita yang bohong. Kemudian, Bawaslu mengimbau agar proses pemungutan suara di Malaysia harus dihentikan sebab adanya praktik kecurangan Pemilu di Malaysia itu.

Fritz Edward Siregar yang merupakan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), menyatakan, jika Bawaslu sudah menjumpai adanya kecurangan yang sangat fatal di pemungutan suara di Selangor, Malaysia. Kecurangan tersebut berupa penyelundupan surat suara serta juga adanya surat suara yang sudah tercoblos.

Fritz mengungkapkan, bahwa timnya sudah membuat surat rekomendasi terkait kinerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Karena, Panwaslu Kuala Lumpur sudah mendapati kotak yang berisi surat suara serta surat suara yang telah tercoblos.

Maka dari itu, Bawaslu menganggap, jika PPLN tidak melakukan perannya dengan baik dan benar. Hal itu di sampaikan oleh Fritz Edward Siregar sdalam keterangan tertulis, pada (11/04/2019).

“Benar (temuan itu). Panwaslu Kuala Lumpur sebagai penemu dan kami well informed. Kami meminta KPU melakukan evaluasi kinerja. Sebab terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar,” ungkap Fritz Edward Siregar.

Kecurangan Pemilu, KPU Diminta Hentikan Sementara Pencoblosan Di Malaysia

Kecurangan Pemilu, KPU Diminta Hentikan Sementara Pencoblosan Di Malaysia (portalaktual.com)

Fritz menjelakan, dengan kasus penemuan kecurangan pemungutan surat suara tersebut, Bawaslu meminta untuk pelaksanaan pemunungutan suara di Malaysia harus dihentikan sementara. Permintaan penghentian sementara pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia tersebut dijalankan hingga kasus itu jelas. Fritz menilai, ada praktik yang tersusun secara masif dan sistematis  yang merujuk kepada bentuk kecurangan dalam pelaksanaan pemilu.

“Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di Seluruh Malaysia untuk sementara,” jelas dia.

Menurut informasi sebelumnya, tersiar kabar adanya paket berisi surat suara serta surat suara yang sudah tercoblos di Selangor, Malaysia. Berita tersebut telah didapati oleh pengawas Pemilu di Malaysia. Selain itu, Ilham Saputra selaku Komisioner KPU, mengatakan, bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih mengecek informasi dari Malaysia soal kasus itu.

“Kami sedang cek kebenarannya dan kejadian persisnya ke Pokja PPLN,” pungkas Ilham Saputra.

About author

Your email address will not be published. Required fields are marked *