Survei IDM, Elektabilitas Prabowo Melonjak Hingga Angka 57.6 Persen

Survei IDM, Elektabilitas Prabowo Melonjak Hingga Angka 57.6 Persen

9 views
0

Jakarta – Hasil survei IDM, Elektabilitas Prabowo melonjak hingga angka 57.6 persen. Bin Firman Tresnadi, Direktur Eksekutif IDM menjelaskan pihaknya telah melakukan survei yang melibatkan 2.500 responden yang berasal dari 408 kabupaten/kota dan 34 provinsi pada pertengahan maret tepatnya 14-29 Maret 2019

“Hasilnya, IDM menemukan Jokowi-Maruf dipilih oleh 696 responden atau 38,76 persen atau kalah dengan Prabowo-Sandi yang dipilih 1.440 responden atau 57,6 persen, Selebihnya atau sebanyak 91 responden atau 3,64 persen, menyatakan tidak memilih” papar Direktus Eksekutif IDM saat  jumpa pers di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa lalu (2/4/2019).

Bin Firman menjelaskan turunnya tingkat elektabilitas pertahana dikarenakan berbagai faktor, yang salah satunya karena sebagian responden menganggap pemerintahan saat ini, Jokowi-JK tidak memenuhi janji-janji politik Pilpres 2014.

“Jokowi dianggap ingkar, alih-alih menaikkan tingkat kesejahteraan masyarakat, yang terjadi justru sebaliknya,” papar Bin Firman.

Survei yang bertajuk “Mengukur Pilihan Masyarakat Indonesia Jelang 17 April 2019 Terhadap Dua Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden” ini memiliki margin of error sebesar 1,96 persen. Adapun tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen.

Pada kesempatan tersebut Bin Firman menjelaskan pula bahwa survei yang dilakukan IDM tidak dibiayai oleh pasangan Prabowo-Sandiaga, melainkan dibiayai oleh mantan aktivis 98, buruh dan tani.

“Survei IDM tidak biayai Prabowo-Sandiaga, mereka dikenal pelit dan amsyong. Survei kita dibiayai para mantan aktivis 98, aktivis buruh dan tani, mereka urunan,” katanya.

Survei IDM, Elektabilitas Prabowo Melonjak Hingga Angka 57.6 Persen - portalaktual.com

Survei IDM, Elektabilitas Prabowo Melonjak Hingga Angka 57.6 Persen – portalaktual.com

Bin Firman menambahkan, selama ini Survei IDM sering dipandang sebelah mata, namun keakuratan data survei kami selalu mendekati yang paling benar terhadap hasil akhir seperti di Pilkada DKI, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Silahkan di googling, survei-survei IDM di Pilkada DKI, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Nah, di Pilpres ini pasangan Prabowo-Sandiaga unggul dari pasangan Jokowi-Maruf,” paparnya.

Pada survei tersebut mengungkapkan bahwa menurunnya elektabilitas pertahana bukan karena maraknya hoaks, namun karena banyak kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro rakyat.

Dalam survei juga terungkap bahwa ‘Wong Cilik’ yang selama ini menjadi pemilih militan petahana sudah mulai meninggalkan Jokowi.

 

About author