KPU Bentuk Komite Damai Untuk Antisipasi Dalam Debat Cawapres

KPU Bentuk Komite Damai Untuk Antisipasi Dalam Debat Cawapres

9 views
0

Jakarta – KPU atau Komisi Pemilihan Umum menciptakan tim yang di berikan nama ‘Komite Damai’ yang akan ikut serta di dalam debat calon wakil presiden (Cawapres) 17/3/2019 mendatang. Hal itu di ungkapkan oleh Wahyu Setiawan selaku Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat berada di Hotel Sultan, Jakarta, pada 14/3/2019.

“Komite ini dibuat sebagai bentuk antisipasi kalau-kalau terjadi kericuhan pada saat debat berlangsung,” tutur Wahyu.

Komite Damai debat cawapres tersebut mencakup 6 orang yang berasal dari 2 orang perwakilan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) paslon kubu Petahana, 2 orang perwakilan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, 1 orang perwakilan dari KPU, serta 1 orang perwakilan Bawaslu. Wahyu menuturkan, jika semuanya tentu saja tidak menginginkan adanya kegaduhan yang terjadi saat debat cawapres tersebut berlangsung.

“Tetapi (ini) sebagai bentuk antisipasi.” jelas dia.

KPU Bentuk Komite Damai Untuk Antisipasi Dalam Debat Cawapres

KPU Bentuk Komite Damai Untuk Antisipasi Dalam Debat Cawapres (portalaktual.com)

Komite Damai tersebut di ketahu mempunyai peranan seperti, memastikan, jika kebijakan-kebijakan yang menuntut para penonton yang ada di lokasi debat tersebut dapat berlangsung dengan tertib. Wahyu menyatakan, jika Komite tersebut merupakan yang lebih bertanggungjawab dengan ketertiban para penonton saat debat tersebut sedang berjalan.

“Jika ada pendukung membuat gaduh, misalnya, maka Komite Damai berwenang mengeluarkan yang bersangkutan,” kata Wahyu.

“Kenapa? Karena debat ini bukan hanya untuk kepentingan 500 orang yang ada di arena debat, tetapi juga kepentingan seluruh rakyat Indonesia.” sambungnya.

Komite Damai tersebut di isi oleh Wahyu Setiawan selaku Komisioner KPU, Mochammad Afifudin sebagai anggota Bawaslu, BPN Putra Jaya Husein dan Imelda Sari, serta TKN Aria Bima dan Rizal Malarangeng.

Di harapkan dalam debat yang kali ini dapat berjalan dengan tertib dan juga damai. Serta semoga juga, calon wakil presiden no urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno dapat memberikan jawaban yang terbaik.

About author