Inilah Beberapa Program Kerja Prabowo-Sandi Terkait Pangan

Inilah Beberapa Program Kerja Prabowo-Sandi Terkait Pangan

6 views
0

Jakarta – Bidang pangan sebagai tujuan politik strategis yang berhubungan dengan harapan hidup orang banyak secara langsung. Pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno mempunyai beberapa program kerja dari segi biaya, produksi, dan juga peraturan.

Kader Tim Ekonomi, Penelitian dan Pengembangan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Harryadin Mahardika mengatakan, bahwa, program kerja pasangan capres-cawapres no urut 02 Prabowo-Sandi akan di awali dengan menjalankan pembenahan dari segi bantuan pupuk dan juga benih, perluasan lahan produksi dan juga fokus tanaman alternatif impor, konsolidasi kerja Bulog, beserta dengan mengatur kembali peraturan impor pangan. Tindakan awal di dalam sektor pangan tersebut akan di awali dengan memperbarui biaya pertanian yang ada. Hal itu di sampaikannya dalam keterangan tertulis pada 11/02/2019.

“Kami akan mencoba melakukan perubahan subsidi yang selama ini di pupuk dan benih, karena terbukti dua ini ternyata tidak memberikan dampak pada petani dan justru memberatkan petani terutama karena masalah tata niaganya,”  katanya.

Bantuan itu rencananya akan di geser untuk pengembangan strategi yang lebih berfungsi, yaitu menggelar penelitian dan juga pemuliaan varietas bibit lokal yang saat ini hilang sebab usaha standarisasi tanaman pangan. Harryadin menjelaskan, bahwa timnya pun mempunyai rencana untuk mengembangkan kawasan pertanian terpadu atau Agriculture Food Estate dengan potensial lahan sementara seluas 2 juta hektare yang akan menyertakan petani dan juga teknologi beserta infrastruktur baru.

Struktur kerja kawasan pertanian terpadu tersebut di nilainya akan berbentuk usaha kemitraan yang di dukung pemerintah untuk di jalankan antara pihak swasta dengan masyarakat. Lahan itu, di harapkan akan dibuat di area luar Jawa seperti Kalimantan dan juga Sumatera yang merupakan lahan produktif yang produknya akan lagsung di terima oleh industri. Tanamannya pun di usahakan varietas unggul yang dapat mengambil alih produk pangan yang masih mengandalkan impor.

Inilah Beberapa Program Kerja Prabowo-Sandi Terkait Pangan

Inilah Beberapa Program Kerja Prabowo-Sandi Terkait Pangan (portalaktual.com)

Setelah itu, kembali terkait dengan bantuan, biaya tersebut rencananya akan di geser ke rencana lain yang dalam visi san misi yakni membalikkan fungi Perum Bulog sebagai badan penyangga tarif dan stabilitas stok. Artinya, biaya Bulog akan di kukuhkan untuk melakukan penerimaan dan disposisi lebih banyak dan lebih luas.

“Bulog akan lakukan intervensi sebesar 20%-30% market karena melakukan penyerapan sebanyak itu dari petani,” ujarnya.

Bukan hanya itu saja, produk yang akan di terima Bulog rencananya pun akan di luaskan ke pangan strategis lainnya. Kemudian, di dalam peraturan regulasi impor, Harryadin mengungkapkan akan ada demokratisasi impor. Hal tersebut di nilai oleh timnya, impor tidak boleh di kuasai oleh sejumlah orang saja. Dan juga, bukan hanya itu saja, untuk meyakinkan tidak terjadi tumpang tindih produksi dan juga impor, dokumen pendataan dari segi pra panen sampai pasca panen akan di kuatkan. Maksudnya agar tidak terjadi salah dalam memperkitakan kebutuhan konsumen dan juga stok nasional.

Dengan seperti itu, di harapkan agar nantinya jika pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dapat memperbaiki produksi pangan di Indonesia menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.

About author