INI 10 JANJI PRABOWO UNTUK BURUH

INI 10 JANJI PRABOWO UNTUK BURUH

8 views
0

Beberapa waktu lalu kita dikagetkan oleh Sandiaga Uno yang mengatakan bahwa dirinya bersama Prabowo akan menghapuskan sistem Outsourcing yang dianggapnya merugikan buruh atau tenaga kerja indonesia. Sambutan dari buruh sangat luar biasa karena itu bagian dari doa dan perjuangan para aktifis buruh selama ini.

Outsourcing mulai diterapkan pada era megawati dan kini sudah berjalan lebih dari dari 15 tahun sejak UU No 13 Tahun 2003 yang mengatur tentang Ketenagakerjaan di sahkan. Sungguh aneh memang, mereka yang mengaku sebagai pembela wong cilik malah menginjak dan mencekik wong cilik secara licik.

Ucapan sandi hakekatnya adalah bagian dari 10 janji Prabowo kepada buruh ketika dilakukan penandatanganan kontrak politik sebagai calon presiden di Pemilu 2019, dengan buruh yang dipimpin oleh Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.

Tidak hanya masalah Outsourcing namun juga penghapusan Perpres tentang Tenaga Kerja Asing (TKA) serta pemberian kepastian hukum dengan mengakomodir ojek online jadi transportasi umum.

“Memberikan kepastian hukum untuk kendaraan roda dua sebagai alat trasporasi umum, dan menjamin hak berserikat bagi pengemudi ojek online yang menjadi mitranya, serta hak atas perjanjian kerja bersama,” ucap Prabowo

INI 10 JANJI PRABOWO UNTUK BURUH

INI 10 JANJI PRABOWO UNTUK BURUH

Kontrak politik Prabowo Subianto dengan buruh ini mendapatkan respon positif dari pihak Buruh karena peraturan ketenagakerjaan di Indonesia lebih menguntungkan pihak perusahaan.

Apa saja isi 10 point dalam kontrak politik tersebut?

(1). Meningkatkan daya beli pekerja buruh dan masyarakat serta meningkatkan upah minimum pekerja buruh dan masyarakat dengan mencabut PP Nomor 78 Tahun 2015 dan menambah jumlah jenis barang dan jasa, kehidupan layak yang jadi dasar penempatan upah minimum dari 60 KHL jadi 84 KHL, berdasarkan perundingan tri partai pemerintah pengusaha dan perwakilan pekerja.

(2). Revisi jaminan pensiun Nomor 45 Tahun 2015 berupa besaran iuran dan manfaat bulanan yang diterima pekerja buruh minimal 60% dari upah.

(3). Menjalankan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia berdasarkan sistem asuransi yang adil bagi pekerja buruh honorer dan masyarakat kurang mampu.

(4). Setop perbudakan modern berkedok outsourcing honorer dan pemagangan.

(5). Menciptakan lapangan kerja dan mencabut Perpes Nomor 20 tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing yang merugikan buruh Indonesia.

(6). Mengangkat guru honorer dan tenaga honorer K2 menjadi apartur sipil negara serta memberlakukan upah mnimum bagi honorer non kategori dan guru swasta PAUD, madrasah, dan yayasan.

INI 10 JANJI PRABOWO UNTUK BURUH

(7). Melaksanakan wajib belajar 12 tahun dan mengalokasikan APBN untuk beasiswa bagi anak pekerja buruh hingga perguruan tinggi secara gratis bagi yang berbakat dan berprestasi.

(8). Menyediakan transportasi publik murah bagi pekerja buruh dan rakyat tidak mampu, memberikan kepastian hukum untuk kendaraan roda dua sebagai alat trasporasi umum dan menjamin hak berserikat bagi pengemudi ojek online yang menjadi mitranya, serta hak atas perjanjian kerja bersama.

(9). Menyiapkan perumahan murah bagi pekerja buruh dan rakyat tidak mampu dengan uang muka Rp 0 persen.

(10). Meningkatkan pendapatan pajak dan task ratio melalui reformasi perpajakan yang berpihak kepada buruh dan rakyat tidak mampu, serta menjadikan koprasi, BUMD, sebagai kekuatan ekonomi nasional serta memastikan bumi air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai kembali oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemamuran rakyat Indonesia.

Alhamdulillah , jakarta ditangan Gubernur pilihan Prabowo – Anies Bawesdan sudah menjalankan point ke 9 yaitu menyiapkan perumahan murah dengan DP 0 persen. Jika ini bisa berjalan di jakarta bukan tidak mungkin bisa berjalan di luar jakarta terlebih kendala utama ada di harga tanah dan tentunya diluar jakarta hal ini bukan menjadi masalah.

Doakan saja, Prabowo segera mengimplementasikan semua janjinya kepada buruh. Namun untuk itu, mari kita semua khususnya kawan-kawan buruh bergerak turun ke masyarakat untuk memenangkan Prabowo Sandi. Jangan lupa, jaga TPS-TPS jangan sampai kecurangan 2014 terjadi kembali.

Perubahan atas negeri ini ada di tangan kita bersama.
Buruh bersatu tak bisa dikalahkan!

 

About author

Your email address will not be published. Required fields are marked *