Kebiasaan Kecil Berefek Besar, Beberapa Tipsnya Buat Kamu Yang Lagi Diet

Kebiasaan Kecil Berefek Besar, Beberapa Tipsnya Buat Kamu Yang Lagi Diet

14 views
0

Diet identik dengan kegiatan yang ketat dan penuh aturan, padahal kita bisa memulainya dengan merubah kebiasaan-kebiasaan kecil yang potensial menjadikan kamu sulit mengontrol berat badan. Brigitte Zeitlin, MPH, RD, CDN, pendiri BZ Nutrition berbasis di New York, menjelaskan sarapan adalah salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Ia menyarankan untuk memulai hari dengan protein tanpa lemak dan serat. Tapi, dalam berdiet pun ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat tubuh tetap mengasup kalori dalam jumlah sesuai. Ini dia beberapa kebiasaan kecil berefek dahsyat bagi program penurunan berat badan.

1. Pakai piring yang lebih kecil

Kalau kamu lihat nih, piring yang kecil dan piring yang besar dengan porsi atau takaran yang sama, otak pasti akan merasa bahwa yang ada di piring kecil jadi lebih enak. Ini dinamakan ilusi Delboeuf yang mana sesuatu yang dikelilingi oleh lebih banyak ruang putih akan membuatnya jadi lebih kecil. Karena itu, akan lebih ‘mengenyangkan’ dan ‘memuaskan’ untuk memilih piring yang lebih kecil saat sarapan. Pastikan makan yang kamu pilih bernutrisi ya.

Kebiasaan Kecil Berefek Besar, Beberapa Tipsnya Buat Kamu Yang Lagi Diet

2. Jangan kayak orang lagi dinner bareng keluarga

Kalau makan bersama keluarga, menu apapun keluar dan tersaji di atas meja. Nah ini nih, yang bikin kalap! Mulai sekarang coba hindari gaya makan yang seperti ini kalau kamu memang sedang makan sendirian. Batasi makanan yang ada di atas meja untuk apa yang kamu akan makan saja. Kebayang kan, kamu sudah kenyang nih sebenarnya, tapi karena ada ayam goreng ‘nganggur’ di atas meja, kamu jadi kepengin ambil lagi dan lagi.

3. Jangan melakukan hal lain saat makan

Buka Instagram, scroll terus, kunyah. Buka yang lain lagi, scroll, kunyah lagi. Tanpa sadar kamu sudah makan berapa banyak kalori nih. Tinjauan dari 24 studi pada Februari 2013 edisi The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan kebiasaan melakukan kegiatan sambil makan bisa bikin kamu makan lebih banyak dari yang dibutuhkan.

4. Letakan garpu dan sendok di sela kunyahan

Kunyah, letakan garpu. Sendok lagi ke mulut, letakkan lagi. Cara simpel ini bisa membantu kamu mengurangi kalori. Kamu juga makan jadi lebih perlahan dan bikin badan cepat ‘terdaftar’ kenyang dalam sinyal yang disampaikan ke otak. Plus, makan perlahan-lahan bahkan mungkin membuat rasa makanan jadi lebih baik, menurut sebuah studi Oktober 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences of United States of America.

5. Terpenting, air!

Meskipun tubuh pada umumnya mesin yang cukup cemerlang, tapi tipuan kadang kala bisa terjadi. “Terkadang apa yang kamu pikir adalah rasa lapar disebabkan oleh rasa haus,” kata Zeitlin. ‘Rasa lapar’ itu dapat menyebabkan kamu mengemil ketika semua yang diinginkan tubuhmu sebenarnya hanyalah hidrasi.

About author