Di Mesir, Patung Sphinx Bermahkota Kobra Ditemukan!

Di Mesir, Patung Sphinx Bermahkota Kobra Ditemukan!

10 views
0

Kementerian Kepurbakalaan Mesir mengumumkan penemuannya pada tanggal 16 September 2018 di halaman Facebook-nya. Menurut kementerian itu, Para arkeolog yang tengan bekerja untuk mengurangi air tanah di Kuil Kom Ombo, Mereka secara tak terduga menemukan Patung Sphinx Bermahkota Kobra dengan Jenggot Ceremonial dengan lebar sekitar 11 inci (28 centimeter) dan tinggi 15 inci (38 centimeter) berusia sekitar 2.000 tahun  di Aswan, MesirKom Ombo terletak di sepanjang Sungai Nil di wilayah Mesir Selatan. Ini dibangun antara tahun 305 SM hingg 30 SM selama Periode Ptolemaic.

Kuil dimana Patung Sphinx ditemukan dibangun dalam desain ganda yang langka. dengan satu tempat suci yang ditujukan untuk Dewa Sobek, Dewa Buaya dan yang lainnya untuk Horus, Dewa berkepala elang yang terkait dengan Firaun. Menurut Kementerian Antiquities, Kuil ini memiliki serangkaian ukiran yang rumit, beberapa menunjukkan dokter kuno bekerja dengan instrumen bedah awal. Tempat ini juga merupakan situs penemuan baru dua lukisan di batu pasir yang dibuat pada masa pemerintahan Raja Ptolemy V yang memerintah antara tahun 204 SM dan 181 B.C.

Di Mesir, Patung Sphinx Bermahkota Kobra Ditemukan!

Patung Sphinx Bermahkota Kobra yang baru ditemukan ini adalah pipsqueak dibandingkan dengan sphinx paling terkenal. Sphinx Agung Giza yang menjulang tinggi setinggi 66 kaki (20 meter) di atas gurun yang mungkin dibangun antara tahun 2558 SM dan 2552 SM, sejauh sejarah dari Aswan Sphinx adalah Zaman Modern. Para ahli Mesir tidak tahu pasti apa yang dilambangkan oleh Sphinx Agung, tetapi Singa Berkepala Manusia ini mungkin ada hubunganya dengan pemujaan matahari, menurut Smithsonian Magazine.

Bertahun-tahun kemudian, sekitar abad ke-14 SM, Firaun, Thutmose IV menghidupkan kembali Sphinx sebagai simbol kerajaan dan matahari. dan akhirnya menjadi sebuah gambar yang terkait dengan identitas mesir. The Ptolemeis adalah orang Makedinia Yunani, tetapi mereka meminjam banyak simbol Mesir untuk seni mereka. Misalnya patung terkenal di British Museum menunjukkan Ptolemy I, Soter, pendiri dinasti, mengenakan hiasan kepala yang familiar dari para firaun sebelumnya.
Sphinx Ptolemic yang ditemukan di Aswan memakai simbol-simbol lainnya.seperti Uraeus, Kobra Mesir yang bertengger di atas alis. Uraeus adalah simbol dari kerajaan dan otoritas. dan juga Patung Sphinx Bermahkota Kobra dengan Jenggot Ceremonial dengan kalung dan kerah berukir yang baru-baru ini ditemukan di Asman, Mesir.
About author