Kepulauan Selayar, Inilah Pesona Pasir Putih Pantai Batu Karapu!

Kepulauan Selayar, Inilah Pesona Pasir Putih Pantai Batu Karapu!

46 views
0

Di ujung selatan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan terdapat sebuah pantai dengan keindahan pasir putih dan tebing tinggi, namanya Pantai Batu Kerapu. Pantai ini berlokasi di Dusun Tongke-tongke, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar. Selain memiliki keindahan air laut dan pasir putih, pantai ini memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dibandingkan pantai lain di Selayar atau pun daerah lain, yaitu adanya batu berlubang menjorok ke laut. Batu berlubang ini tampak bagai Durdle Door yang ada di Inggris.

Air laut di pantai ini sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Bagi penjelajah yang memiliki kegemaran berenang, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan. Ditambah lagi akan ada pemandangan matahari terbenam yang indah saat petang datang. Selain itu, pantai berbentuk tanjung ini memiliki keindahan di sisi timur dan barat yang sama. Belum lagi, terdapat beberapa pepohonan rindang di sekitar pantai. Sungguh asri bila ingin sebatas menikmati pemandangan di pantai ini.

Kepulauan Selayar, Inilah Pesona Pasir Putih Pantai Batu Karapu!

 

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar telah membuat akses jalan ke pantai ini sejak 2016, guna memudahkan masyarakat untuk berkunjung. Untuk sampai ke pantai ini, pengunjung mesti mesti menempuh perjalanan dari Ibukota Bentang ke Dusun Tongke-tongke, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu sejauh 35 km. Setelah itu, melewati jalan bebatuan yang belum beraspal ke arah laut.

Tiba di pantai, pengunjung bisa langsung masuk tanpa harus merogoh kocek. Sebab pantai ini tidak memasang tarif bagi pengunjung. Sayangnya, belum fasilitas rumah makan atau pun penginapan yang tersedia di pantai ini. Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali menaruh perhatian besar terhadap bidang pariwisata di daerahnya. Menurut Basli, Selayar memiliki 124 destinasi wisata ditambah dengan 40 atraksi budaya yang sangat menjanjikan.

About author