Kabupaten Pemalang, Inilah Kuliner Manis-Gurih Yang Bikin Ketagihan

Kabupaten Pemalang, Inilah Kuliner Manis-Gurih Yang Bikin Ketagihan

88 views
0

Lebaran tinggal empat hari lagi, musim mudik pun telah tiba. Jalur Pantura pun semakin ramai. Satu kabupaten yang dilintasi oleh Jalur Nasional Rute 1 ini adalah Pemalang. Saat pulang kampung dan melewati Kabupaten Pemalang, tak ada salahnya mampir dan membawa oleh-oleh serta mencicipi kuliner khasnya. Berikut makanan dan oleh-oleh khas Pemalang dari beberapa sumber, diantaranya :

1. Nasi Grombyang

Nasi grombyang merupakan sajian nasi khas Pemalang yang paling populer. Kuahnya sedikit berwarna gelap mirip rawon, tapi rasanya lebih enteng, gurih dan agak manis. Biasanya, nasi grombyang dibuat dari daging sapi atau kerbau yang empuk. Nasi grombyang semakin lezat disantap bersama sate babat dengan bumbu khas Pemalang.

2. Ogel-ogel

Ogel-ogel menjadi satu camilan renyah yang cocok dijadikan oleh-oleh. Ogel-ogel terbuat dari tepung beras ketan yang digoreng dan bercitarasa gurih. Biasanya, camilan ini enak dimakan bersama saus tomat atau cabai.

3. Kepiting Lemburi

Kepiting lemburi atau kepiting soka atau kepiting cangkang lunak merupakan sajian khas Pemalang. Karena cangkangnya lunak, makan kepiting lemburi tidak akan membuat kita terlalu repot mengupasi cangkangnya yang tajam. Bahkan cangkangnya juga bisa ikut dimakan. Yang membuat kepiting lemburi lebih lezat adalah hadirnya kremesan yang ditaburkan di atasnya.

4. Kamir

Kamir adalah kue khas Pemalang yang masih terpengaruh kuliner khas Arab, sekilas bentuknya mengingatkan kita pada dorayaki. Bahan utamanya adalah telur, mentega, tepung terigu atau tepung beras yang terkadang ditambah pisang atau tape. Kue kamir juga terdiri dari dua jenis, yakni kamir terigu dan kamir beras.

5. Tahu Pletok

Tahu pletok adalah jajanan yang populer di kawasan Tegal, Brebes, dan Kabupaten Pemalang. Tahunya diremas dengan tangan terlebih dahulu sebelum diberi lapisan aci dan digoreng.

About author