5 Jenis Luka Ini Dapat Disembuhkan Dengan Teh Celup Bekas

5 Jenis Luka Ini Dapat Disembuhkan Dengan Teh Celup Bekas

27 views
0

Menyeduh kembali teh celup yang sudah dipakai mungkin tidak akan menghasilkan teh yang enak. Tapi, jangan buru-buru membuang teh celup bekas pakai Anda, karena ternyata itu masih memiliki nilai manfaat.

5 Jenis Luka Ini Dapat Disembuhkan Dengan Teh Celup Bekas

Berikut ini adalah enam cara untuk memanfaatkan teh celup bekas, diantaranya :

1. Meredakan luka kanker

Teh celup bekas bisa membuat luka kanker membaik. Caranya, bekukan kantung teh, kemudian letakkan di atas luka. Kandungan penyembuhnya bisa membantu membuat Anda merasa lebih baik.

2. Menghentikan pendarahan akibat luka goresan

Teh celup bekas juga sangat berguna untuk menghentikan pendarahan akibat goresan atau luka. Kandungan tanin dalam teh bisa membuat darah mengental. Ketika darah mengental, Anda bisa mengaplikasikan perban di atasnya. Setelah itu, taruh kantung teh celup dalam air panas, lalu letakkan pada luka Anda selama 30 menit.

3. Mengobati bisul

Mengaplikasikan teh celup bekas pada bisul bisa membantu mengeringkan boroknya sehingga berangsur-angsur sembuh. Kaya akan kandungan antibakteri, teh celup bisa mengurangi peradangan, serta rasa sakit.

4. Mengatasi gigitan serangga

Teh mengandung antimikroba dan astringent karenanya bisa meredakan peradangan dan infeksi. Caranya, tekan teh celup basah pada kulit yang terinfeksi.

5. Mengatasi luka bakar matahari

Menurut para ahli, epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang terkandung dalam teh hijau bisa berguna sebagai tabir surya. Kandungan ini bisa melindungi dari radiasi sinar UV. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa mengaplikasikan teh celup basah pada area yang terbakar matahari.

About author