Mengapa Bumi Planet yang cocok untukKehidupan?

Mengapa Bumi Planet yang cocok untukKehidupan?

25 views
0

Berbagai teori tentang planet dan makhluk di luar planet mulai menghantui manusia. ini adalah hal yang umum bagi manusia yang mempercayai makhluk luar angkasa atau yang biasa dikenal dengan ‘alien’.  pada kenyataannya manusia belum menemukan planet yang bisa dihuni oleh ‘alien’ itu. Lalu mengapa hanya Bumi yang bisa dihuni makhluk hidup seperti kita di tata surya?

Inilah alasan menurut para peneliti mengapa hanya Bumi yang bisa dihuni makhluk hidup.

1. Bumi mengandung banyak air dan asam amino
Pelaporan dari National Geographic, Bumi kita terbentuk dari ledakan dahsyat sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu yang dikenal dengan Big Bang. Beberapa periset percaya  sekitar 3,9-3,8 miliar tahun yang lalu, hujan meteor membombardir Bumi dengan air dan asam amino dalam jumlah banyak.

Kehadiran air dan asam amino memungkinkan embrio hidup dan muncullah bakteri bersel tunggal. Sejak itu makhluk hidup berkembang semakin kompleks.

2. Ada cukup oksigen
Ketersediaan oksigen yang cukup pastinya merupakan anugerah yang paling indah untuk makhluk hidup seperti manusia. Apa yang akan terjadi jika makhluk hidup kekurangan oksigen? Kita akan punah.

Munculnya benua Pangea super-besar, yang merupakan daratan besar menyebabkan perubahan geologi, iklim, dan juga lingkungan yang parah. Letusan gunung berapi yang berlangsung sekitar 1 juta tahun lalu memuntahkan  lava sekitar 300 juta kilometer persegi dan menghasilkan sedimen lebih dari 1.750 meter. Dampaknya,  gas metana yang membeku di air laut mencair, memberi dampak pemanasan global 20 kali lebih kuat dari gas CO2.

waktu itu, Hanya 5% populasi yang selamat. Sisanya, 95% hancur akibat kekeringan parah, kekurangan oksigen, dan hujan asam yang menyebabkan tanaman tidak bisa bertahan.

3. Karbon dioksida memainkan peran penting dalam fotosintesis tanaman
Karbon dioksida memainkan peran penting dalam fotosintesis tanaman. Tanaman sebagai mata rantai ekosistem pertama sangat mempengaruhi makhluk hidup lainnya. Dari tanaman, manusia dan hewan mendapatkan makanan. Siklus rantai makanan dimulai dari sana dan mungkin bahkan kehidupan dimulai dengan makhluk hidup.

4. Atmosfir yang menjadi penjaga bumi
Atmosfir menjadi ‘penjaga’ bumi dan juga kita semua. dia tidak terlihat, bahkan bayangannya pun tak terlihat. Namun lapisan tipis dan tak terlihat menjadi pemelihara kuat untuk melindungi semua makhluk hidup yang ada di Bumi dari serangan benda asing angkasa luar.

keberadaan atmosfer Bumi saat ini menjadikan bumi sebagai satu-satunya planet yang layak huni. Planet-planet di tata surya kita kecuali Bumi saat ini tidak mengandung unsur-unsur yang bisa menopang ‘kehidupan’. Tapi bukan berarti tidak ada planet lain di luar angkasa yang memiliki kehidupan yang sama dengan Bumi. Manusia akan selalu percaya akan adanya makhluk hidup seperti dirinya.

About author