“Hakuna Matata”.. Janganlah Khawatir

“Hakuna Matata”.. Janganlah Khawatir

68 views
0

“Hakuna Matata” adalah sebuah perkataan dalam bahasa Swahili yang biasanya diterjemahkan menjadi “jangan khawatir”. Dalam film The Lion King, yang tayang pada tahun 1994, “Hakuna Matata” adalah nama sebuah lagu yang digunakan di film tersebut. Juga dalam salah satu sekuel film ini. Film tersebut memiliki tempat dan lagu dengan nama yang sama. Lagu tersebut digubah Elton John dan liriknya ditulis Tim Rice. “Hakuna Matata” dinominasikan dalam kategori Lagu Terbaik pada Penghargaan Oscartahun 1995, dan oleh American Film Institute dinyatakan sebagai lagu terbaik berperingkat ke-99 dalam sejarah perfilman. Pada tahun 1980, grup musik Kenya, Them Mushrooms, mengedarkan sebuah lagu berjudul “Jambo Bwana” yang menjadi hit di dunia. Frasa “Hakuna Matata” diulang-ulang di bagian refrain lagu tersebut.

Hakuna Matata berasal dari kata Hakuna dan Matata. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa Afrika, lebih tepatnya bahasa Swahili, dimana “Hakuna” artinya Tidak ada dan “Matata” artinya masalah yang apabila digabung maka akan memiliki arti yaitu Manusia tidak perlu khawatir akan kehidupan yang ia jalani. Di dunia ini, tidak ada seorang pun yang tidak memiliki masalah atau menghindari suatu masalah. Masalah-masalah yang dihadapi  akan membuat menusia tidak bisa luput dari kekhawatiran. Menelisik kata kekhawatiran, kekhawatiran berasal dari pribadi orang masing-masing. Hidup tanpa kekhawatiran jelas akan terasa menenangkan, karena tidak satu hal pun yang menghalangi atau memberikan pemikiran atau prasangka buruk terhadap kita dalam menghadapi segala sesuatu. Memang, membuat diri kita merasa seakan-akan tidak khawatir itu sulit, tapi apabila kita sudah terbiasa dalam berpikir bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan, maka segala sesuatu yang kita lakukan tidak akan membuat kita terus berpikir tentang hal buruk apa yang akan terjadi jika kita melakukan hal tersebut.

Kata kekhawatiran dapat menjadi tembok besar yang menghalangi setiap langkah. Akan tetapi, dengan berangkat dari sebuah kekhawatiran, juga bisa menjadi kunci untuk membuka sebuah jalan keluar. Ketika memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia, Golongan tua sepakat dengan menunggu Janji Jepang, bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia, namun dari Golongan Muda tidak sepakat dengan itu, Golongan Muda khawatir kalau Kemerdekaan Indonesia berasal dari Jepang, Maka itu berarti Indonesia sendiri tidak berjuang demi sebuah kemerdekaan dan hanya menunggu “Hadiah” dari Jepang. Bayangkan, bagaimana kalau saat itu Kemerdekaan Indonesia benar-benar merupakan sebuah hadiah dari Jepang

About author