Tahap Penulisan Proposal

5 views
0

Proposal adalah rencana yang digariskan dalam bentuk rencana kerja, sistematis dan matang.  Proposal  dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik di lapangan maupun penelitian di perpustakaan. Keterampilan dalam menulis proposal perlu dimiliki oleh setiap orang yang terdidik sehingga mereka terbiasa berpikir secara sistematis dan logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal.

Penulisan proposal mengandung beberapa fungsi. Fungsi pertama adalah sebagai sarana untuk melakukan penelitian yang ada kaitannya dengan sosial, budaya, ekonomi dan lain sebagainya. Bila seorang peneliti mendahului penellitiannya dengan menulis sebuah proposal, maka penulisan tersebut tidak akan berubah arah dari pokok utama pikiran. Fungsi yang kedua dari pembuatan proposal ini, adalah untuk digunakan untuk mengajukan mendirikan suatu usaha. Proposal juga berfungsi sebagai sarana yang digunakan untuk mengajukan tender dari berbagai macam lembaga. Dapat digunakan untuk mengadakan acara-acara kegiatan misalnya seperti acara perayaan, seminar, pelatihan, perlombaan danlain sebagainya, yang bertujuan untuk penggalangan dana.

Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha sepertimembuat proposal. Proposal digunakan sebgaia pemetaan, untuk mendapat dana atau agar mendapat pemikiran yang runtut bagi sebuah karya. pembuatan acara, proposah dalam pembukaan bisnis, bahkan usaha untuk membuat suatu karya tulis menulis. Pada bentukannya, sebuah proposal merupakan sebuah tulisan, yang dibuat oleh penulis. Penulisan ini dibuat dengan maksud untuk menjelaskan rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada para pembaca, sehingga mereka mendapatkan pemahaman tentang tujuan kegiatan tersebut secara lebih jelas dan lebih rinci. Apabila seorang penulis membuat sebuah proposal, maka proposal tersebut diharapkan dapat memberikan informasi, yang jelas dan rinci kepada para pembaca, sehingga mereka mengerti maksud dan tujuan proposal tersebut. Pada umumnya proposal merupakan sebuah program atau rencana suatu kegiatan yang sifatnya hanya sebagai usulan saja, dapat dikatakan juga proposal merupakan usulan yang tertulis untuk melakukan suatu kegiatan yang ditujukan kepada pihak-pihak yang ada hubungannya dengan kegiatan tersebut.

Adapun jenis-jenis proposal yang biasa ditulis contohnya adalah proposal bisnis. Proposal bentuk ini Merupakan proposal yang ada kaitannya dengan dunia bisnis atau usaha, bisa juga yang berhubungan dengan bisnis kelompok ataupun perseorangan. Misalnya saja proposal pendirian tempat usaha, yang biasa digunakan dalam pembuatan Perusahaan Terbatas, atau disingkat dengan PT. Contoh yang kedua adalah proposal proyek. Proposal jenis ini biasanya digunakan untuk dapat menghitung stimulasi dana yang harus dikeluarkan oleh pendana. Selanjutnya, jenis yang ke tiga adalah proposal ppenelitian. Seperti yag telah dijelaskan di atas, proposal ini digunakan untuk bidang akademisi seperti penelitian untuk tugas akhir, tesis dan lain-lain dan lain sebaginya. Jenis yang terakhhir adalah proposal kegiatan, sebagai sarana penggalangan dana.

Adapun proposal dalam bentuk strutur dapat dibagi menjadi proposal formal dan informal. Proposal formal adalah Proposal ini isinya sangat lengkap, terdiri dari tiga bagian diantaranya yaitu bagian pendahuluan, isi, dan penutup, Bentuk yang kedua adalah proposal informal, yaitu Proposal ini tidak seperti proposal formal yang lengkap, biasanya di sampaikan hanya dalam bentuk surat. Biasanya selalu berisikan seperti permasalahan, saran-saran, pemecahan masalah, dan pengesahan atau permohonan.

 

About author