Pantai Carocok, Sumatera Barat

Pantai Carocok, Sumatera Barat

174 views
0

Pantai Carocok adalah objek wisata yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Lokasinya tepatnya terletak di sebelah barat kota Painan, kabupaten Pesisir Selatan, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Sekitar 200 meter di sebelah barat wisata pantai ini ada pulau berpasir putih kecil yang disebut pulau Cingkuk. Pulau Cingkuak adalah pulau yang sangat cerah , pulau ini adalah tempat pertama kalinya Belanda mendarat di pulau Sumatera. Kita dapat menemukan benteng Belanda yang masih ada hingga saat ini. Dengan keindahan alam pantai alami dengan pasir putih menjadikan tempat ini menjadi objek wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun dari luar Sumatera Barat. Daerah ini dihadapkan dengan 2 pulau Pulau Train dan Pulau Cingkuak, dari kejauhan juga terlihat Pulau Semangki dengan pemandangan yang sangat indah dan air bersih, dan jika berada di Puncak Bukit Langkisau akan terlihat pemandangan yang sangat memukau.

Kota Painan memiliki objek wisata yang memiliki skala nasional yaitu Obyek Wisata Pantai Carocok. Pantai ini memiliki pasir yang sangat bersih dan putih, memiliki pantai yang landai sehingga bisa untuk berenang bagi anak-anak dan dewasa, airnya sangat jernih. Daerah ini dihadapkan dengan 2 buah pulau yaitu pulau kereta dan pulau cingkuak. Dari kejauhan juga terlihat pulau semangki dengan pemandangan yang indah dan airnya sangat bersih.
Kita juga bisa mendaki bukit sambil berolahraga di Bukik Langkisau, dari atas bukit ini kita akan bisa melihat pemandangan paling menakjubkan, kini Olahraga Paragliding dari atas bangkisau lebisau juga telah menjadi agenda nasional.

Lokasi Pantai Carocok juga biasanya ada jadwal acara organ tunggal, karena di sini juga ada lapangan terbuka yang menyenangkan untuk kita gunakan saat tidur tidur dengan sepoian sepoi laut yang sejuk. Di malam hari terutama untuk youth camper yang lebih muda, di sini juga bisa dilakukan.

Disamping kelebihan itu, memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi oleh pengelola Objek Wisata Pantai Carocok, seperti kebersihan lingkungan baik di pantai maupun dilingkungan perumahan penduduk menuju lokasi objek wisata, selain itu lokasi objek wisata ini juga berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan, mungkin dengan telah dibangunnya dermaga baru di selatan Kota Painan, TPI ini mungkin bisa dipindahkan kelokasi tersebut atau ketempat lain. Jikapun TPI masih disana, mungkin kebersihannya perlu ditingkatkan lagi, jangan sampai keindahan pantai carocok terkotori oleh bau ikan yang kurang sedap atau limbah plastik dan kotoran ikan bekas penjual dan penangkap ikan. Areal parkir mungkin juga perlu ditertibkan lagi.

About author