Pantai Nambo, Kota Kendari

Pantai Nambo, Kota Kendari

34 views
0

Pantai Nambo adalah salah satu pantai yang terletak di wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Pantai ini terletak 12 km di sebelah selatan Kota Kendari. Untuk mencapai pantai, pengunjung dapat menggunakan mobil atau sepeda motor. Selain mengambil rute darat, Pantai Nambo juga bisa dicapai dengan berjalan di Teluk Kendari menggunakan perahu ketingting tradisional (kole-kole), yang biasanya memakan waktu sekitar 15 menit. Pantai ini memiliki pemandangan pantai yang indah dan layak digunakan sebagai tempat liburan untuk menenangkan pikiran Anda dari kegiatan sehari-hari Anda. Pantai Nambo menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan 300 meter pasir putih bersih dan lembut serta air laut yang tenang dan gradasi hijau kebiruan yang menakjubkan.

Dengan melihat perkembangan kawasan pariwisata, maka dapat dikatakan bahwa, pemanfaatan pantai dan laut adalah salah satu aspek pemanfaatan dalam pengelolaan sunber daya alam, yang memiliki peluang yang amat baik untuk dikembangkan. Akan tetapi, kita juga menyadari bahwa banyak permasalahan yang dihadapi dalam menggerakkan potensi kemasyarakatan melalui pemberdayaan dan partisipasi masyarakat sekelurahan di sekitar kawasan obyek wisata tersebut  Berbicara tentang liburan ke pantai Nambo, selain para wisatawan dapat menikmati keindahan pantainya, Para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan bawah lautnya yang sangat mempesona dengan keberadaan terumbu karang yang masih alami dan sangat indah dipadu dengan ikan warna warni dan biota laut lainnya.

Seperti kebanyakan pantai di Indoneisa bagian timur, Pantai Nambo memiliki pasir putih yang landai suasana yang tenang, udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat indah, sehingga selalu dijadikan pilihan utama bagi para wisatawan, baik domestic maupun maca negara untuk melepas kejenuhan dan rutinitas sehari-hari. Pantai Nambo merupakan sebuah kawasan wisata yang memiliki keunikan dan karakteristik khusus untuk menjadi kawasan wisata, antara lain: memiliki lingkungan yang masih asri dan jauh dari polusi, tradisi dan budaya masih dipegang masyarakat, makanan khas, sistem pertanian dan sistem kekerabatan. Pantai Nambo sebagai daerah tujuan wisata tentu perlu ditunjang dengan fasilitas yang memadai bagi para wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain : tempat parkir, Gazebo untuk para wissatawan dan keluarganya beristirahat, MCK dan air tawar, serta berbagai kemudahan yang diperuntukkan bagi pengunjung pantai ini. Hal-hal tersebut membuat para wisatawan benar-benar merasakan suasana keseharian dengan apa adanya.

Dari segi ekonomi, banyak manfaat yang dapat diambil dari pembangunan wisata Pantai Nambo. Hal pertama yang dirasakan adalah  penjualan hasil bumi yang meningkat. Keuntungan selanjutnya yang dirasakan adalah tempat wisata ini menimbulkan masyarakat ekonomi kreatif, yang menciptakan atau memproduksi barang-barang atau makanan khas, yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan. Hal yang terakhir yang dapat dirasakan adalah, dikenalnya seni budaya Nambo oleh masyarakat luas.

About author