Pasar Bawah, nuansa belanja di “masa lalu”

Pasar Bawah, nuansa belanja di “masa lalu”

66 views
0

Bepergian ke Pekanbaru belum lengkap jika tidak berhenti sampai ke Pasar Bawah. Pasar yang terletak di tengah-tengah kota tepatnya di ujung Jalan Ahmad Yani sangat cocok untuk Anda yang mencari oleh-oleh dan souvenir untuk dibawa pulang ke rumah sebagai kenang-kenangan.

Pasar Bawah adalah salah satu Tour Belanja ikonik di Pekanbaru. Pasar tertua di Pekanbaru pernah dianugerahi sebagai Pasar Tradisional Bersih untuk kategori kota besar pada tahun 2007  yang lalu.

Di tempat ini ada banyak barang antik, asesoris rumah dari dalam dan luar negeri seperti keramik, karpet, lampu antik dan barang-barang elektronik. Selain itu di Pasar Bawah juga banyak menyediakan barang bekas dengan harga murah.

Pasar yang dibangun pada tahun 1822 agak jauh dari kesan modern, tetapi mampu membangun aura masa lalu. Lokasi ini juga memiliki nilai historis yang tinggi karena terletak di wilayah Sinapelan yang dikenal sebagai cikal bakal kota Pekanbaru.

Selain itu Anda bisa berburu barang-barang seperti keramik, karpet, pakaian, dan cendera mata khas Pekanbaru, Di Pasar Bawah Anda juga bisa juga wisata kuliner dengan berbagai spesialisasi dari Pekanbaru dan sekitarnya yang bernuansa tinggi dan dapat dijadikan sebagai hadiah untuk Anda seperti Lempuk Durian, Durian Dodol dari Bengkalis, Kacang dari Bagan Siapiapi, Keripik Nanas Kampar, Peyek Ikan Lomek, Peyek Ikan Kertas, Keripik Nangka dan berbagai manisan dengan harga 15 ribu hingga 35 ribu rupiah.

Di Pasar Bawah Pekanbaru tidak hanya menjual makanan Riau saja, Keripik Sanjai, Keripik Bayam, Keripik Singkong dari Sumatera Barat juga dapat ditemukan di pasar ini.

Berburu salah satu ikon Riau Culinary yaitu Bolu Kemojo juga bisa Anda lakukan di pasar ini. Menariknya lagi, Di Pasar Bawah Anda bisa langsung melihat proses pembuatan Bolu Kemojo.

Tur belanja Anda akan sangat menyenangkan, berbelanja di satu tempat seperti bepergian. Bersiaplah untuk menghabiskan anggaran hanya untuk waktu yang singkat di tempat ini. Berbagai produk yang dijual dengan harga murah tentu akan membuat siapapun tergoda. Sudah pasti Anda akan pulang dengan tas belanja menumpuk di tangan.

Bangunan Pasar Bawah berada di sisi Sungai Siak dan pelabuhan. Untuk menemukan lokasi Pasar Bawah sangat mudah dilihat dari bangunan-bangunan yang memiliki gaya Melayu dan warna bangunannya yang cerah, kuning dan hijau. Di bawah Pasar adalah tempat belanja yang telah diketahui oleh penduduk setempat dan penduduk yang mengunjungi Pekanbaru.

Pasar Bawah terdiri dari 4 lantai. Di lantai pertama Pasar Bawah ini adalah tempat bagi Anda pencinta wisata kuliner. Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh makanan ini adalah tempatnya. Anda dapat menemukan berbagai makanan, seperti durian dodol, irisan buah durian, ikan bai dan ikan asin.

Lantai kedua gedung ini adalah tempat berbelanja untuk aksesori serta kuliner yang dikemas. Selain tempat untuk berbelanja aksesoris, lantai ini juga bisa Anda berburu cokelat. Ada cokelat terkenal dari Malaysia dan juga dari Singapura. Jadi Anda tidak perlu repot ketika ingin merasakan coklat dari negeri tetangga ini enak sekali.

Ada berbagai macam aksesoris, seperti dompet, kalung, gelang, guci, bros, souvenir pernikahan ada di lantai dua. Bahkan aksesori dari luar negeri seperti keramik, gantungan kunci dari negara-negara tetangga berada di Pasar Bawah. Surga seorang wanita saat berbelanja konveksi juga disajikan di lantai dua Pasar Bawah Pekanbaru.

Di lantai tiga gedung Pasar Bawah Anda dapat menemukan tas dan sepatu yang bagus. Ingin menambah koleksi tas dan sepatu, semua di lantai bawah Market Downstairs. Tempat ini cocok untuk Anda yang suka tampil modis dan berbelanja barang-barang fashion.

Nah di lantai atas Pasar Bawah atau lantai empat tempat ini adalah tempat belanja pakaian khusus. Masih ada lebih banyak jenis barang yang ditawarkan di Pasar Bawah untuk pengunjung termasuk barang bekas dari elektronik. Dapat diketahui bahwa jika Anda ingin berbelanja puas dan bersenang-senang dengan berbagai pilihan, ada di Pasar Bawah Pekanbaru.

About author