Bubur Harisah, Adaptasi Kuliner Timur Tengah dengan citarasa Lokal

Bubur Harisah, Adaptasi Kuliner Timur Tengah dengan citarasa Lokal

5 views
0

Kuliner Bubur Harisa ternyata cukup menarik jika ditarik latar historisnya, setidaknya ada dua referensi yang sempat kami temukan yaitu jurnal dari Unesa dan buku badhogan Gresik yang membahas tentang makanan khas ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa bubur harisah diproduksi secara turun menurun sejak awal haul Mbah Sholeh Tsani hingga haul pada tahun ini, meskipun pemangku Pondok sudah berganti akan tetapi makanan tersebut tetap menjadi sajian makanan wajib. Bahan utama bubur Harissa adalah daging kambing yang berusia 3 tahun lebih. Bisa juga menggunakan daging ayam kampung atau daging sapi, tergantung selera. Bahan-bahan lain yang tak kalah pentingnya adalah gandum, tepung beras dan tepung ketan, bawang putih, merica, jahe, cengkeh serta minyak samin.

Bubur harisah dimasak selama 12 jam, dengan cara penyajian diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun lontar. Bubur harisah mempunyai makna mendapatkan keberkahan serta ada makna kebersamaan dalam menyantapnya tidak lupa dengan makna yang lain yaitu suatu pemberian seseorang bisa dikatakan shadaqah atau kedermawanan. Setelah daging kambing cukup matang, selanjutnya, gandum di tambahkan ke dalam panci serta di aduk hingga daging kambing terpisah dari tulangnya. Setelah itu, tepung serta berbagai bumbu lainnya di masukkan panci. keseluruhan Proses membuat bubur Harisa siap saji ini, membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam untuk memasaknya. Bubur Harisah dipercaya dapat menambah stamina, meskipun cara bikinnya kurang lebih sama dengan bubur pada umumnya, berikut ini resep sederhana untuk dihidangkan di rumah. untuk resep ini dibutuhkan waktu memasak sekitar 8-9 am saja

Bahan :
– 1 kg Gandum
– 1/2 kg daging sapi atau kambing (potong kecil-kecil)
– Tepung Beras secukupnya
– Tepung Ketan secukupnya
– Air dengan Perbandingan 1 : 4

Bumbu :
– Minyak Samin (Ghee)
– Kapulaga
– Keningar
– Sereh
– Merica
– Jahe
– Pala
– Bawang Putih
– Garam
– Penyedap (bila perlu)

Cara Memasak :
– Gandum di cuci direndam kurang lebih 2 jam.
– Gandum, daging , sere, keningar dan pala di rebus dalam kuali dengan api kecil selama kurang lebih 4  jam sampai gandum mekar dan daging lembek.
– Bumbu Lainnya digiling sampai halus.
– Masukkan Bumbu yang telah digiling tadi bersama Tepung Beras dan Tepung Ketan kedalam kuali.
– Tambahkan Garam da Penyedap, aduk terus selama kurang lebih 2 Jam sampai bubur betul-betul matang.

About author